Curup Gangsa, Surga Tersembunyi di Kabupaten Way Kanan

Kabupaten Way Kanan memang terkenal dengan destinasi wisata air terjunnya. Salah satunya adalah Curup Gangsa yang megah mempesona. Air terjun ini tak kalah eloknya jika dibandingkan dengan Air Terjun Putri Malu yang sudah tersohor lebih dulu.

Nama ‘Gangsa’ berasal dari legenda masyarakat yang artinya bunyi gemericik, air terjun ini seperti bunyi seruling Gangsa. Seruling Gangsa merupakan seruling yang terbuat dari bambu yang umum ditetapkan oleh zaman dahulu. Maka dari itu bunyi ini air tejun tersebut dinamakan Curup Gangsa hingga saat ini.

Source: IG @shintaa_001

Air terjun ini memiliki tinggi kurang lebih 50 meter dan lebar pematang air terjun sekitar 20 meter. Dengan tinggi dan lebar tersebut air terjun ini nampak sangat megah dan mewah. Pemandangan air terjun yang berpadu dengan tebing hijau disekitarnya nampak eksotis. Disekitar air terjun ini juga banyak batu-batu besar sehingga menambah cantik pemandangan.

Source: IG @ayuameliasyaputri

Lokasi Curup Gangsa

Curup Gangsa terletak di Dusun Tanjung Jaya, Desa Kotaway, Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung. Dari pusat Kecamatan Kasui, jarak air terjun ini sekitar 10 km.

Berjarak kurang lebih 180 kilometer dari pusat Kota Bandar Lampung, butuh waktu sekitar 5 jam berkendara melalui Jalan Lintas Tengah Sumatera. Dimulai dengan melewati Bandara Radin Intan II, Bandar Jaya, selanjutnya menuju Kotabumi. Terus melaju sekitar 2 jam dari Kotabumi, maka anda akan sampai di Kabupaten Way Kanan.

Setibanya di Way Kanan pastikan anda berada di Blambangan Umpu yang merupakan ibukota Kabupaten Way Kanan. Kemudian dari situ anda melanjutkan perjalanan menuju Kasui dengan jalan yang lebih sempit dibandingkan jalan lintas, tapi suasananya sangat asik.

Sampainya anda di air Terjun Curup Gangsa, anda akan disambut dengan suara gemuruh air yang jatuh. Suara tersebut cukup keras karena debit airnya cukup besar. Namun sebelum itu anda harus menuruini anak tangga sebanyak kurang lebih 70 sampai 80.

Source: IG @jhony_andi98

Tiket Masuk Curup Gangsa

Curup Gangsa biaya tiketnya sangat terjangkau. Untuk biaya tiket masuk dikenakan Rp 10.000 perorang, sedangkan untuk parkir motor hanya Rp. 5.000. Lalu jika menggunakan mobil Rp. 10.000 sedangkan parkir bus Rp. 15.000.

Keistimewaan Curup Gangsa

Kesejukan udara dan hijaunya alam sekitar dijamin akan membuat suasana yang istimewa untuk anda. Itulah kesan pertama yang bisa anda rasakan. Air terjun Curup Gangsa ini bersumber dari patahan sungai Way Tangkas yang mengalir dari Bukit Punggur melalui beberapa desa di Kasui seperti Tanjung Kurung dan Lebak Peniangan.

Pemandangan luar biasa yang disajikan air terjun ini juga bisa anda nikmati sambil mandi di sikitarnya. Selain itu air terjun ini sangatlah instagenik. Anda bisa berfoto dengan jarak sekitar 30 meter di depan air terjun. Dengan menaiki batu besar berlatar belakang air terjun yang megah dijamin bisa memciptakan gambar yang sangat luar biasa.

Selain pemandangan yang menakjubkan pengelola juga membuat spot-spot foto yang instagenik seperti gambar love warna merah, jembatan pengantin, spot gazebo, tangga pohon.

Source: IG @febrialianasr

Foto-Foto Curup Gangsa

Source: IG @regitacayyani
Source: IG @methaaaaaaa
Source: IG @nissaken_
Source: IG @isun26
Source: IG @billy.yoga
Source: IG @billy.yoga
Source: IG @billy.yoga
Source: IG @billy.yoga

Demikianah informasi terkait Curup Gangsa Way Kanan Lampung ini, semoga bisa menjadi refrensi untuk anda yang ingin liburan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *